Andromeda Advertizing

Hardware Internet

Posted on: 21 Desember 2011

Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses Internet

Hardware internet dapat diartikan perangkat keras yang digunakan untuk akses internet. Internet kepanjangan dari Interconection Networking. Kata Internet, seperti rekans ketahui sering digunakan sebagai singkatan dari Indomie Telor Kornet, yang menjadi menu di sebuah restoran. Kata ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan sering diucapkan atau didengar dalam kehidupan sehari-hari. Internet merupakan jaringan komputer terluas di dunia (World Wide Network) dimana antara satu komputer dengan komputer lainnya saling berhubungan dan saling berkomunikasi. Dengan Internet, Anda dapat mencari informasi seperti politik, pendidikan, hiburan, teknologi, nama kota-kota di dunia, budaya, pemerintahan, artis, dan lain-lain.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK KEPERLUAN AKSES INTERNET

Hardware (Perangkat keras)

Komputer adalah hardware utama dan mutlak sebagai syarat untuk mengakses internet. Cepat atau lambat proses kinerja dalam mengakses internet yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider), komputer juga sangat menentukan, namun tergantung kebutuhan spesifikasi yang digunakan

Software (Perangkat Lunak)

Kebutuhan software sangat ditentukan oleh kebutuhan hardware yang digunakan dalam akses internet. Adapun jenis dan versi software yang dapat rekans gunakan adalah

System operasi : Windows XP, Windows 7, dan juga bisa windows server.

Browser : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan masih banyak lagi.

Modem (Modulator Demodulator)

Modem adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk elektromagnetik dari satu komputer ke komputer yang lain. Jika kita menginginkan akses internet relatif cepat, sudah pasti diperlukan modem yang memiliki kecepatan transfer datanya cukup tinggi. Misalnya saya contohkan modem 56 Kbps (Kilobyte per second), itu artinya modem dapat mentransfer data sebanyak 56 karakter dalam satu detik. Ada jenis modem yang ada saat ini, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal dapat dikatakan sangat jarang digunakan, karena modem jenis ini relatif tidak banyak diminati. Modem internal maksudnya adalah modem yang sudah digabung dengan perangkat telekomunikasi seperti handphone, laptop, dll. Sedangkan modem eksternal merupakan modem yang selama ini banyak digunakan oleh masyarakat.

Saluran Telepon (LineTelephone)

Saluran telpon merupakan salah satu syarat yang paling utama untuk akses internet, dimana saluran telepon dapat disambungkan melalui modem, baik eksternal maupun internal. Selain menggunakan saluran telepon, kita juga dapat mengakses atau membuka internet melalui satelit, leased line, dan gelombang radio.

ISP (Internet Service Provider)

ISP atau biasa disebut dengan provider, adalah sebuah badan atau organisasi yang menyediakan pelayanan jasa internet. Jika Anda ingin mengakses internet dan terhubung dengan jaringan telepon melalui modem, kita dapat langsung mendaftar ke salah satu ISP (provider) yang ada di lokasi (kota) kita masing-masing. Dapat dicontohkan ISP yang saya ketahui diantaranya Indonet, Lintas Artha, Telkom, First Media, dan masih banyak lagi.

Membedakan Fungsi dan Pelayanan yang Ada di Internet

Ada beberapa servis atau layanan yang tersedia di Internet di antaranya adalah sebagai berikut.

1) Word Wide Web (WWW) disingkat menjadi WEB. Merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi, yaitu kita dapat mengakses informasi-informasi melalui situs web. Informasi situs web dapat berupa teks, gambar, sound, film dan multimedia.

2) E-Mail (Elektronik Mail) digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain melalui surat elektronik. Anda dapat mengirim atau menerima e-mail dari seluruh penjuru dunia.

3) Kelompok diskusi (Mailing List) yaitu untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas E-mail.

4) FTP (File Transfer Protokol) yaitu untuk pengambilan data atau arsip dan file secara elektronik. Di Internet telah tersedia fasilitas file (data) atau dokumen yang siap untuk diakses secara gratis.

5) Chatting adalah salah satu fasilitas untuk berkomunikasi sesama pemakai internet yang sedang aktif (On-Line).

WEB Browser

Browser adalah suatu program atau software untuk menjelajahi Internet untuk mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan di dalam komputer. Denganpenerapan Grafik User Interface (GUI), dengan mudah para pengguna internet dalam mengakses informasi-informasi yang terdapat dalam internet. Web browser di antaranya adalah seperti: Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Mosaic, Google dan lain-lain. Browser dapat disebut juga Web Browsing.

Sekarang yang perlu diketahui dalam pencarian suatu informasi adalah pemahaman tentang struktur alamat WEB adalah sebagai berikut.

http:/www.muarauang.ac.id/private/administrasi.html

Penjelasan sruktur web di atas adalah sebagai berikut.

http : service transfer web
www : Alamat informasi dalam internet
muarauang : Alamat informasi yang dituju
ac.id : Domain name (penamaan abjad)
private : Nama direktori penyimpanan halaman web
administrasi : halamam web yang berisi informasi
Contoh beberapa domain name adalah sebagai berikut.

edu atau ac : Domain untuk bidang pendidikan
gov atau go : Domain untuk badan pemerintahan
mil : Domain untuk militer
net : Domain untuk Internet provider
org : Domain untuk organisasi
E-Mail

E-Mail kepanjangan dari Elektronik Mail yaitu merupakan fasilitas pada Intrnet untuk mengirim surat secara elektronik ke seluruh dunia. Email dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu sebagai berikut.

E-Mail gratisan (Free Email) seperti : yahoo.com, hotmail.com, eudoramail.com, plaza.com, lovemail.com dan lain-lain.
E-Mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider) seperti: indonet.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain.
Kelebihan Elektronik Mail

Kelebihan dari elektronik mail di antaranya adalah sebagai berikut.

1) Tanggapan informasi lebih cepat.

2) Dapat melakukan komunikasi jarak jauh.

3) Dapat menjangkau area yang lebih luas.

4) Dapat menjembatani masalah perbedaan waktu.

5) Dapat menyediakan pengaturan pengubahan protokol.

6) Dapat melayani informasi dalam komunikasi bisnis.

7) Dapat pengganti sebagai pemakaian penggunaan saluran telepon.

Kemampuan elektronik mail

Kemampuan dari elektronik mail di antaranya adalah sebagai berikut.

1) Kemampuan dalam pembuatan pesan. Elektronik mail dapat membuat dokumen dan membuat jawabannya secara otomatis, dengan menyimpan alamat pengirim dari pesan yang dikirim.

2) Kemampuan dalam pengiriman pesan. Pengiriman pesan ke alamat yang dituju dapat dipilh apakah untuk perorangan atau untuk sekelompok orang. Elektronik mail dapat dilakukan tanpa mengganggu kegiatan pemakai komputer.

3) Kemampuan membuat pelaporan. Elektronik mail akan melaporkan keadaan pesan yang dikirimmnya kepada pengirim. Apakah data yang dikirimnya sudah sampai kealamat tujuan dengan benar, hilang atau ditolak, kejadian seperti itu dapat diperlihatkan dalam pelaporan pada elektronik mail.

4) Kemampuan pengubahan pesan dan format tampilan. Dalam penggunaan peralatan, baik oleh si pengirim maupun si penerima bisa saja berbeda misalnya : si pengirim dalam mengirim email menggunakan komputer, tapi diterima oleh si penerima harus melalui faximile.

5) Kemampuan dalam pengaturan. Setelah pesan dikirim dan diterima, pesan tersebut dapat langsung dibaca atau dihapus atau disimpan untuk dibaca ulang atau dicetaknya.

Dari share info yang saya sampaikan diatas lebih banyak ke perangkat internet secara umum, namun hardware internet menjadi bagian di dalamnya. Hardware juga tidak kalah penting dibanding software. Sehingga hardware internet juga tak lepas dari software internet.

Posts Related to Hardware Internet
Jaringan LAN
Sebelum rekans mengetahui lebih detil mengenai Jaringan LAN, ada beberapa hal yang terkait dengan jaringan LAN tersebut. Diantaranya adalah topologi jaringan dan komponen yang diperlukan …

Jaringan Komputer
Jaringan komputer pada saat ini menjadi komponen penting dalam kelangsungan aktivitas manusia sehari-hari. Tentu rekan sekalian ketahui bahwa sebagian besar aktivitas kita bersinggungan dengan computer. …

Belajar Komputer
Diantara bahan pelajaran sekolah yang dulu belum menjadi kebutuhan, dan sekarang sangat dibutuhkan adalah belajar komputer. Bagi para orang tua, pendidikan sejak dini sangat penting …sumber:belajarjaringan.net 21 Desember 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Silahkan>>>KLIK DISINI

Desember 2011
S S R K J S M
    Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

%d blogger menyukai ini: