Andromeda Advertizing

Haid, Penyebab dan Cara Mengetahui Siklus Haid Normal

Posted on: 25 Desember 2011

Tentang menstruasi – haid normal

Setiap wanita harus tahu tentang haid dan siklus haid. Temukan fakta-fakta tentang haid normal termasuk ketika Anda mengharapkan untuk periode pertama, apa yang terjadi selama haid, apa yang harus Anda tahu tentang produk perlindungan, kebersihan pribadi, dan hal penting lainnya.

Apakah haid?
Haid adalah siklus (= putaran) terjadinya pendarahan yang terjadi mendekati masa remaja pada perempuan. Biasanya, periode pertama terjadi sekitar usia 12 atau 13. Namun, beberapa anak perempuan mulai mengalami masa haid pada usia 8 atau 9 tahun, sedangkan yang lain mungkin lebih lama, sekitar umur 15 atau 16 tahun. Jika haid tidak terjadi pada saat seorang gadis sudah mencapai usia 16, sebaiknya ia segera menghubungi dokter untuk evaluasi. Haid biasanya dimulai sekitar 2 1 / 2 tahun setelah payudara gadis mulai berkembang, dan berkenaan dengan perkembangan pinggang dan rambut di sekitar vagina.

Setelah haid dimulai, maka haid terus berlangsung sampai menaupose (= mati haid) saat seorang perempuan berusia sekitar 50 tahun saat siklus haid berhenti. Haid juga akan berhenti sementara selama terjadi kehamilan. Hormonal kontrasepsi juga menghentikan haid normal dan dapat digunakan untuk menghentikan selamanya atau sampai kehamilan yang diinginkan. Jika haid tidak terjadi untuk alasan lainnya, berarti ada gangguan siklus menstruasi.

Sebagian besar gadis atau wanita mempunyai siklus haid yang dapat diprediksikan terjadinya dan tanpa masalah. Namun, jika sesuatu tidak berjalan baik – bila Anda mengalami pendarahan berat atau berlebihan, bila masa haid tidak diharapkan terjadi saat ini, bila ada gejala fisik atau emosi selama bulan sebelum haid, atau jika Anda mengalami sakit atau gejala lainnya – Anda memiliki gangguan siklus haid. Penyebab haid tidak lancar dapat disebabkan oleh faktor stres, sakit, olahraga, makanan dan nutrisi, bekerja, keluarga, dan masalah relasi.

Apa yang menyebabkan siklus haid = menstruasi?

Sistem kelenjar endokrin menghasilkan hormon yang bekerja sama dengan organ reproduksi yang mengakibatkan haid dan siklus haid ketika pembuahan pada sel telur tidak terjadi. Sistem kelenjar endokrin menghasilkan hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh seperti tingkat gula darah, metabolisme, dan reproduksi.Cara mengetahui haid normal

Rata-rata siklus haid adalah 28 hari dan rata-rata wanita haid sekitar lima sampai tujuh hari pada setiap siklus. Hari pertama atau Hari 1, dari siklus haid adalah hari pertama setiap pendarahan terjadi, meskipun hanya spotting. Sebaiknya Anda menggunakan kalender untuk melacak siklus haid Anda. Melacak waktu dan gejala yang terjadi selama siklus haid dapat membantu dokter Anda untuk mendiagnosa masalah yang mungkin terjadi.Tips berkenaan dengan haid dan sebaiknya anda segera mengkonsultasikan pada dokter jika :

1. Memiliki siklus haid tidak teratur, banyak, atau jenis perdarahan tidak normal
2. Mengalami kram parah selama haid yang tidak sembuh oleh obat, atau mengalami sakit panggul yang tidak terkait dengan haid
3. Tidak memiliki periode
4. Memiliki siklus haid yang kurang dari 21 hari, atau lebih dari 35 hari
5. Segala sesuatu tentang masa, atau siklus haid, yang tidak normal.sumber:gambarhidup.blogspot.com 25 Des 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Silahkan>>>KLIK DISINI

Desember 2011
S S R K J S M
    Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

%d blogger menyukai ini: